Mengerti Perbedaan Warna RGB dan CMYK

posted in: Informasi | 0

Warna RGB dan CMYK

Desain dalam sebuah tiket gelang sangatlah penting. Untuk menghasilkan hasil cetak yang baik seorang desainer harus memperhatikan konsep dasar dan teori warna. Warna dalam dunia percetakan berbeda dengan warna tampilan di monitor. Teori ini dibagi berdasarkan dua model warna  RGB dan CMYK. Perbedaan inilah yang kemudian menyebabkan seringnya terjadi kesalahan atau hasil yang tidak diinginkan dari warna akhir melalui proses cetak.

Di bawah ini mari kita lihat perbedaan warna RGB dan CMYK:

warna rgb dan cmyk
http://www.juragangelang.com/perbedaan-warna-rgb-dan-cmyk/

 

–           Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).
–           Warna CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain.

Sering kali beberapa karya desain yang akan naik cetak masih dalam format RGB, dan ketika dikonversi menjadi CMYK, warna biasanya akan berubah menjadi lebih redup dan tidak secerah warna yang tampil pada model RGB. Untuk mengatasi masalah ini adalah desainer harus memastikan dulu desainnya tampil dengan warna yang diinginkan dalam format warna CMYK, karena yang akan keluar dari mesin cetak adalah warna dengan model CMYK.

Pemilihan model warna biasanya akan tampil ketika kita membuka dokumen baru. Namun, jika kita sudah terlanjur bekerja di salah satu model warna dan ingin menggantinya, kita bisa menkonversi kembali model warna tersebut.

Berikut beberapa cara konversi model warna dari RGB ke CMYK di beberapa software desain grafis :

–           Adobe Photoshop

Pada menu bar pilih: Image > Mode > CMYK
–           Adobe Illustrator
Pada menu bar pilih: File > Document Color Mode > CMYK Color
–           Corel DRAW
Pilih masing-masing objek yang akan dikonversi. Pilih Fill Tool dan klik Fill Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK. Untuk setiap objek dengan garis/outline : Pilih Outline Tool dan klik Outline Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK.
–           Adobe Indesign
Pilih Window > Swatches dan Window > Color. Klik ganda Color di Swatches dan ganti Color Mode ke CMYK dan Color Type ke Process.

Kalian yang akan mendesain tiket gelang jangan lupa memakai mode CMYK ya, untuk mendapatkan hasil cetak yang lebih baik J

Referensi : http://www.desainstudio.com/2010/06/perbedaan-rgb-dan-cmyk-menghindari.html#sthash.WQOyfjvj.dpuf